Kamis, 11 Juni 2009

Berawal Dari Minat

Melihat banyaknya minat anak – anak SMA terhadap proses pembuatan film menjadi alasan berdirinya komunitas ini. Selain itu pula alasan lain berdirinya komunitas ini juga berdasarkan minat yang sama oleh para pendiri – pendirinya, maka tercetuslah komunitas Forum Filmmaker Pelajar Bandung pada tanggal 17 Agustus 2004.
Pada awalnya komunitas ini sempat mempunyai anggota hampir 150 orang, tetapi dikarenakan pergantian generasi dan seiring berjalannya waktu maka saat ini anggota yang masih aktif didalamnya berjumlah 50 orang. Oleh karena itu F2PB setiap tahunnya selalu membuka open requitment untuk menjaring anggota – anggota baru khususnya pelajar – pelajar SMA di kota Bandung. Tetapi bukan berarti anggota di F2PB hanya dari kalangan pelajar, para mahasiswapun banyak yang berkecimpung dalam komunitas ini, seperti mahasiswa ITB, UNPAD, ITENAS, WIDYATAMA, ASTI, UNPAR, bahkan IKJ.

Seperti komunitas – komunitas lainnya, komunitas F2PB ini juga mempunyai banyak kendala saat awal berdirinya komunitas ini hingga sekarang. Kendala itu bukan dari segi teknis karena alat dan ruangan yang mereka pergunakan telah difasilitasi dengan baik oleh pihak Yayasan Pembina Mesjid Salman ITB sebagai bascamp komunitas ini. Menurut pengakuan Ridla An-Nuur sebagai salah satu pendiri F2PB, kendalanya lebih kemasalah non teknis, seperti penyatuan pendapat masing – masing anggota dan masalah factor keuangan.

Dalam menjaga ke eksisannya komunitas ini mempunyai banyak kegiatan rutin seperti pemutaran film baik itu film panjang, pendek maupun documenter dan berbagai kegiatan workshop.


Untuk kedepannya komunitas ini ingin sekali lebih memperluas jaringan mereka agar komunitas F2PB ini lebih dikenal banyak orang, dan tentu saja seperti layaknya komunitas – komunitas yang berbasis seni lainnya, komunitas ini juga selalu ingin menghasilkan karya – karyanya agar bisa dinikmati oleh khalayak umum.

3 komentar:

Anonim mengatakan...

memang semua berawal dari kesenangan, kalau tidak pasti akan setengah melakukannya

Anonim mengatakan...

gw amie : waahhh keren banget tuhh, tapi kog cuma buat pelajar aja seh, brarti bukan mahasiswa seperti gw dong. padahal gw butuh pengetahuan tentang film maker secara gw pengen bgt blajar jadi sutradara. ada baiknya bukan buat pelajar aja ya,tapi buat semua komunitas jadi semua golongan bisa belajar.

Gunni mengatakan...

Anak muda Bandung banyak yang memiliki potensi besar dalam dunia seni, salah satunya perfilman.
F2PB dapat menjadi suatu wadah yang bisa menampung dan mengembangkan seluruh minat dan potensi mereka, serta membantu mereka untuk memberikan kontribusi dalam perkembangan dunia perfilman di Indonesia.

Posting Komentar